Thursday, October 3, 2013

Harga Emas Jatuh Lagi

Harga emas jatuh ditopang aksi ambil untung yang dilakukan investor karena ketidakpastian penghentian sementara (shutdown) sebagian operasional kantor pemerintahan Amerika Serikat. Permintaan fisik yang melambat juga mempengaruhi pergerakan harga emas.

Sementara harga emas di pasar spot juga merosot merosot 0,7% menjadi 1.305,45 per ounce. Harga emas tergerus 3% ke level terendah dalam dua bulan pada awal pekan ini.Seperti dikutip dari Daily Times, Jumat (4/10/2013), harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange (NYMEX) untuk pengiriman Desember turun US$ 14,8 per ounce menjadi US$ 1.306,2 per ounce.
Investor melakukan aksi ambil untung setelah logam mulia naik 2,2% pada perdagangan Rabu. Saat itu harga emas melonjak akibat melemahnya nilai tukar AS ke level terendah dalam delapan bulan.
Penghentian sementara sebagian kantor pemerintah AS memasuki hari ketiga pada Kamis, setelah pertemuan antara Presiden AS Barrack Obama dan para pemimpin Kongres masih mengalami kebuntuan.
Kegagalan untuk meningkatkan batas utang AS akan mendorong ekonomi terbesar dunia itu mengalami gagal bayar (default) dan hal ini tentu akan menggoyang pasar.
Harga perak melemah 1% menjadi US$ 21,51 per ounce, setelah menguat 2,8% pada hari sebelumnya yang merupakan kenaikan terbesar dalam dua minggu. Sementara itu, harga platinum di pasar spot turun 1,2% menjadi US$ 1.372.24 per ounce dan paladium juga turun tipis 0,7% menjadi US$ 711,47 per ounce .

No comments:

Post a Comment