Saturday, July 16, 2011

Emas Naik Lebih Dari $20 Paska Sinyal QE Lanjutan The Fed

Monexnews - Emas berjangka menanjak lebih dari $20 per troy ons pada hari Rabu dan sejauh ini diperdagangkan di teritori rekor terbaru $1587.40, ditopang oleh meningkatnya permintaan investasi di Emas seiring dengan ketakutan penyebaran krisis Eropa disaat bersamaan Federal Reserve AS memberi sinyal stimulus ekonomi lebih lanjut.
The Fed mengatakan stimulus mungkin diperlukan untuk merangsang pertumbuhan jika kondisi semakin memburuk, namun bentuk stimulus yang disarankan Bernanke adalah perpanjangan periode level suku bunga rendah, kedua adalah pembelian aset sekuritas lebih lanjut dan yang ketiga memangkas bunga yang perlu dibayarkan bank pada deposit reserve ke bank sentral.
Setelah tembus diatas level resisten Emas kini mengincar level teknikal Fibonacci projection 161.8% yang terletak di area $1660 per troy ons. Bagaimanapun masih dibutuhkan penembusan konsisten diatas level psikologis $1600 untuk memicu momentum bullish lebih lanjut. Strategi terbaik pada fase ini adalah buy on dip $1577 - $1567 - $1552. (Sap)



Emas berjangka melanjutkan koreksi kebawahnya di hari Jumat setelah meroket ke level rekor tinggi 2011 sehari sebelumnya.
 
Peringatan terbaru dari lembaga pemeringkat Standard & Poor’s mengenai kekhawatiran utang AS dinetralisir oleh adanya progress rencana reduksi anggaran dari Republik maupun Demokrat senilai $1.5 milyar.
 
Namun permintaan terhadap investasi Emas masih tinggi mengingat masih ada resiko penyebaran krisis utang di Eropa ke sektor perbankan Jerman, Prancis, Inggris dan AS. Apalagi krisis tersebut terpusat pada sektor valas dan obligasi, sehingga para pelaku pasar masih melihat komoditas seperti Emas sebagai safe haven, karena terlindungi dari inflasi.
 
Berdasarkan studi teknikal, setelah meraih new high 2011 , emas terkoreksi melemah seiring dengan indikator RMI / Relative Momentum Index mencapai 85 – 86 yang merupakan teritori overbought, diperkuat lagi oleh slow stochastic yang telah memotong kebawah.
 
Fakta ini mengindikasikan peluang harga terkoreksi turun menguji level trendline support di area 1577 – 1573. Anjlok dibawah area tersebut dapat memicu momentum bearish lebih lanjut mengincar 1552 bahkan 1540. Setelah harga terkoreksi cukup dalam, Emas masih berpotensi untuk menguji level resisten $1600 lagi, jika tembus diatas area tersebut level teknikal selanjutnya terletak di 1630. (Sap)

No comments:

Post a Comment